• Minisun BC Banyuwangi

Bintal Muslim : Salat Merupakan Kebutuhan, Bukan Sekadar Kewajiban




Shalat merupakan rukun islam yang kedua, dimana hal tersebut harus diyakini dan dilaksanakan oleh seluruh umat muslim.

Kapan perintah salat diturunkan?


Nabi Muhammad SAW mendapat perintah salat dari Allah swt melalui peristiwa yang sangat agung, yakni Isra’ Mi’raj. Untuk memperingati dan memahami sejarah singkat peristiwa agung tersebut, seluruh pegawai muslim Bea Cukai Banyuwangi laksanakan bina mental (09/03). Bina mental dilaksanakan secara daring, dengan H. Achmad Siddiq sebagai pemateri dalam kajian kali ini.


Secara terminologis, dalam Kitab Fathul Mu’in, salat menurut pengertian syara’ adalah rangkaian ucapan dan perbuatan tertentu yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Maka dari itu, dalam pelaksanaannya, tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, harus sesuai dengan syarat dan rukun salat.


Selain hal-hal terkait aturan salat, dalam praktiknya ternyata salat memiliki banyak hikmah dan manfaat lo, SobatIsun. Salah satunya adalah ketenangan jiwa. Pernyataan ini, berdasarkan kajian ilmiah yang dilakukan oleh banyak peneliti psikologis, yakni terapi religius.


Terapi religius merupakan sebuah penyembuhan terhadap pola perilaku menyimpang dengan menggunakan pendekatan-pendekatan agama. Sebagaimana diketahui, bahwa setiap manusia selalu dihampiri oleh beragam permasalahan kehidupan. Menyikapi permasalahan tersebut, rileks dan pengendalian emosi adalah kunci ketenangan jiwa bila stress tiba. Jika dalam salat, bisa dikatakan tuma’ninah. Melalui rileks dan pengendalian emosi, energi positif akan mengalir dan tersalurkan dengan baik. Dengan demikian, salat adalah bentuk pengendalian emosi sederhana.


Jadi, ketika salat jangan sampai terburu-buru ya, SobatIsun!


#bintal #isramiraj #bcbanyuwangi #isunbanyuwangi #BeaCukaiMakinBaik

0 tampilan0 komentar