• Minisun BC Banyuwangi

DELAYERING ESELON V


BANYUWANGI – (17/06) Seluruh jabatan administrasi Eselon V di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai akan dihapuskan secara keseluruhan. Delayering merupakan pengalihan jabatan struktural ke jabatan fungsional, agar lembaga jadi lebih sederhana dan simpel. Jabatan Pejabat Eselon V akan dialihkan kedalam jenjang fungsional ahli pertama sesuai amanat PermenpanRB 28 tahun 2019.


Yang menjadi focus poin dalam pengalihan jabatan Eselon V dengan memerhatikan kedekatan tugas dan fungsi jabatan, ketersediaan butir kegiatan, kesetaraan penghasilan (grading). Jabatan Eselon V akan dialihkan kedalam 4 sub unsur dari 13 sub unsur Jabatan Fungsional Pemeriksa Bea Cukai.


“Seluruh kemungkinan dan aspek pelaksanaan fungsi dari Eselon III, IV, dan V yang kemudian akan dialihkan menjadi Jabatan Fungsional,” kata Robi Toni, Sekretaris DJBC.

“Prosesnya sudah berjalan mulai Februari dan telah disetujui oleh Biro SDM, Juni ini diharapkan sudah bisa dilaksanakan,” lanjut Robi.

Jabatan Fungsional Pemeriksa Bea dan Cukai (JFPBC) adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak untuk melaksanakan pemeriksaan Bea dan Cukai, pencegahan pelanggaran peraturan perundang – undangan penyidikan tindak pidana, pelayanan informasi, kepatuhan internal, dan pengelolaan informasi di bidang kepabeanan dan cukai.

PBC akan dibagi menjadi kategori keterampilan dan kategori keahlian. PBC kategori keterampilan memerlukan kualifikasi teknis dan prosedur kerja kepabeanan dan cukai, sementara kualifikasi yang diberlukan untuk PBC kategori keahlian adalah kualifikasi professional, ilmu pengetahuan, metodologi, dan teknik analisis kepabeanan dan cukai.

“Jika dipersiapkan dengan baik, diharapakan masa peralihan ini berjalan dengan baik,” lanjut Robi.

Mira Puspita, Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana (OTL) menambahkan PBC yang diangkat pada sub unsur yang tidak memiliki relevansi dengan tugas dan fungsi sebelumnya, ditugaskan sesuai dengan butir kegiatan pada sub unsur yang memiliki relevansi dengan tugas dan fungsi sebelumnya. “Tujuannya untuk menyamakan grading sebelumnya,” ujar Mira. Kepala kantor kemudian memberikan surat tugas yang sesuai dengan penempatan tersebut.

Terkait dengan mekanisme penugasan dan koordinasi, penugasan PBC dilaksanakan sesuai dengan penugasan dari Kepala Kantor. “Nanti akan ada monitoring pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh Pejabat Struktural teknis terkait,” tambah Mira.

0 tampilan

Bea cukai banyuwangi

Jl. Raya Situbondo No.37, Ketapang,

Kab. Banyuwangi


Telp: (0333) 510177, Fax: (0333) 510858
Email: bcbanyuwangi@customs.go.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon

© 2020 by Lare Osing

Integrity Survey online (isun)