• Minisun BC Banyuwangi

DONENO Eps 4 : Tradisional, mana tertinggal?



Burung hantu bosan dikurung

Mana suaranya yang kangen tari gandrung?

.

Kota Gandrung. Ya, banyuwangi identik sekali dengan tarian gandrung. Jika berkunjung ke Banyuwangi, jangan kaget bila menemukan patung penari gandrung tersebar mulai dari arah Utara sampai arah Barat. Tapi SobatIsun, jika ingin berfoto dengan patung penari gandrung, jangan mencari-cari sampai menyusuri jalan demi menemukan patung ini😂. Karena di Banyuwangi sudah ada objek wisata yang memberikan kesan menarik terkait patung penari gandrung, yaitu Taman Gandrung Terakota.

.

Taman Gandrung Terakota terinspirasi dari Terracota Warrior and Horses di Tiongkok yang dibangun di masa Kaisar Qin Shi Huang. Pemilihan tari gandrung sebagai tema pokok di lokasi ini adalah tak jauh dari filosofi tari gandrung. Tari gandrung merupakan perwujudan rasa syukur kepada Dewi Sri (Dewi Padi) atas pertanian yang subur dan melimpah. Karena itu, tarian gandrung selalu berdampingan dengan aktivitas rakyat sebagai petani, yaitu membajak, menanam, dan memanen padi di sawah.

.

Taman gandrung terakota terletak di daerah Tamansari, Licin, Banyuwangi. Menuju tempat tersebut, sekitar 30 menit dari Kota Banyuwangi. Lama? Gak bakalan kerasa deh, percaya sama MinIsun. Karena di sepanjang jalan, menyajikan pemandangan gunung dan sawah yang indah. Obat bagi para pekerja yang sibuk akan rutinitas. Hijaunya sawah dan sejuknya udara disana menambah kesan menarik selama perjalanan.

.

Sesampainya disana, Minisun diingatkan untuk mencuci tangan oleh petugas jaga sebelum ke loket tiket. Setelah itu, dilakukan pendataan nama dan pengecekan suhu tubuh. Wah protokol kesehatannya sangat diterapkan ya. Eh ternyata eh ternyata, area wisata di taman gandrung sangat luas gaes, sampai bingung mau ke titik mana yang MinIsun prioritaskan untuk dikunjungi. Karena terdapat ribuan patung penari gandrung yang tersebar di berbagai titik, sehingga wajib banget untuk kita kunjungi. Tapi, gausah pusing tujuh keliling kalau gak tau arah, karena di setiap sudut disajikan petunjuk arah yang sangat jelas.

.

Taman Gandrung Terakota buka setiap hari Selasa-Minggu, hari senin tutup ya! Pukul 08.00-16.00 di hari kerja, 08.00-17.00 di akhir pekan, ini jadwal saat terdampak covid-19 ya! Dan jika SobatIsun ingin melihat secara langsung tari gandrung, bisa banget kesini di akhir pekan pukul 11.00. Jangan takut kalau berdesakan saat menonton, karena, diberi fasilitas untuk duduk nyaman di bantal duduk dengan tetap memberi jarak 1 m. Udah nyaman, aman lagi! Ingat jam 11.00 jangan kelewatan! Sayang banget:(



Untuk masuk kesini siapkan uang sebesar 10.000 rupiah saja! Worth it kan?


#IsunDolen

#explorebanyuwangi

#tamangandrungterakota

#bcbanyuwangi

#BeaCukaiMakinBaik

0 tampilan

Bea cukai banyuwangi

Jl. Raya Situbondo No.37, Ketapang,

Kab. Banyuwangi


Telp: (0333) 510177, Fax: (0333) 510858
Email: bcbanyuwangi@customs.go.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon

© 2020 by Lare Osing

Integrity Survey online (isun)

Nilai Kami!Tidak PuasKurang PuasCukup PuasPuasSangat PuasNilai Kami!