• Minisun BC Banyuwangi

Identifikasi Keaslian Desain Pita Cukai Tahun 2021




Siapa nih, dari SobatIsun yang tahu desain Pita Cukai Tahun 2021?


Desain pita cukai setiap tahunnya selalu memiliki tema yang berbeda. Tahun 2020 lalu, desain pita cukai mengusung tema “75 RI”. Pada tahun 2021 ini, sebagai Negara Maritim, Pita Cukai tahun 2021 mengusung tema “Biota Laut Indonesia”.


Tidak hanya desain yang akan MinIsun bahas, tapi juga cara mengidentifikasi keaslian pita cukai. Untuk memperdalam materi tersebut, Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai menyelenggarakan “Workshop Identifikasi Keaslian Desain Pita Cukai Tahun 2021” di Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur II (25/03).


Dalam workshop tersebut, seluruh peserta perwakilan unit kerja diberikan materi pemahaman tentang desain pita cukai tahun 2021 serta ditunjukkan bagaimana cara mengidentifikasi keaslian pita cukai desain tahun 2021 menggunakan berbagai macam alat seperti kaca pembesar, lampu ultraviolet, alat uji elektronik (holoreader), dan cairan kimia.


Tidak hanya itu, tiap peserta diperkenalkan bagaimana cara menggunakan aplikasi berbasis augmented reality pada ponsel untuk mengidentifikasi keaslian desain pita cukai tahun 2021. Dalam workshop ini, perwakilan dari pegawai Bea Cukai Banyuwangi berhasil meraih juara terbaik ke-III dalam sesi kuis yang dilaksanakan.


Hasil pengetahuan dan informasi yang didapat dalam workshop tersebut, Yudha Pratama membagikannya kepada seluruh pegawai Bea Cukai Banyuwangi dalam kegiatan Peningkatan Kompetensi Pegawai secara daring (14/04).


Kegiatan ini dilaksanakan agar menambah pengetahuan dan keterampilan pegawai dalam mengidentifikasi keaslian desain pita cukai tahun 2021, sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas pengawasan sehingga mencegah adanya potensi pemalsuan pita cukai demi tercapainya optimalisasi penerimaan di bidang cukai.


“Cara mengidentifikasi pita cukai harus dilakukan secara bertahap. Pastikan terlebih dahulu semua tahap dilaksanakan, sehingga tidak ada keraguan dalam mengidentifikasi,” ungkap Yudha Pratama.


#pitacukai #isunbanyuwangi #bcbanyuwangi #BeaCukaiMakinBaik

0 tampilan0 komentar