• Minisun BC Banyuwangi

KERJA PRODUKTIF DARI RUMAH


BANYUWANGI – Kebijakan Work From Home yang telah dijalankan selama masa pandemi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri bila dibandingkan dengan bekerja di kantor. Rabu (10/06) pejabat dan pegawai Bea Cukai Banyuwangi mengikuti PKP Analisis Kesejahteraan Pegawai dengan pemateri Dieta Farina, seorang mahasiswi Praktek Kerja Lapangan dari Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya.


Salah satu hal yang menjadi perhatian dari pimpinan yaitu kesejahteraan pegawai selama menjalankan WFH. Rasa sejahtera yang diperoleh oleh karyawan dari pekerjaan mereka, yang terkait dengan perasaan karyawan secara umum (core effect) dan nilai intrinsik maupun ekstrinsik dari pekerjaan (work values) disebut dengan Work Place Well-being (Page, 2005).


Penelitian diambil menggunakan metode random sampling yaitu 10 pegawai yang telah melaksanakan WFH yang tersebar di lima subbagian/seksi dengan wawancara awal mulai dari sisi fleksibelitas, kendala komunikasi dan teknis. Dari hasil wawancara yang dilakukan, beberapa pegawai dapat mengerjakan penugasan dengan lancar. Namun, beberapa pegawai juga merasa belum bisa memaksimalkan kemampuan dan pengetahuan mereka. Karena beberapa sarana dan prasarana yang biasa digunakan berada di kantor.


Terdapat beberapa rekomendasi yang Dieta berikan untuk memaksimalkan produktivitas WFH, yaitu dengan mengadakan shift meeting secara daring, lomba yang dapat dilakukan dari tempat masing-masing seperti lomba foto, dan mengoordinasikan pembagian tugas dengan rekan yang WFO. Diharapkan dengan adanya analisis pelaksanaan WFH, dapat menjadi evaluasi agar pegawai dapat bekerja secara efektif dan produktif dari rumah.

0 tampilan

Bea cukai banyuwangi

Jl. Raya Situbondo No.37, Ketapang,

Kab. Banyuwangi


Telp: (0333) 510177, Fax: (0333) 510858
Email: bcbanyuwangi@customs.go.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon

© 2020 by Lare Osing

Integrity Survey online (isun)