• Minisun BC Banyuwangi

OPERASI PASAR MENYASAR ROKOK ILEGAL



Kenaikan tarif cukai yang dilakukan pemerintah untuk membantu mensejahterakan petani dan buruh hasil tembakau memberikan banyak dampak untuk masyarakat terutama para pengusaha pabrik rokok. Selain untuk meningkatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang digunakan untuk membantu petani dan buruh hasil tembakau, kenaikan tarif juga diharapkan dapat menekan konsumsi rokok di masyarakat.

Besarnya tarif cukai yang harus dibayarkan diawal oleh pengusahan pabrik rokok, membuat sebagian pengusaha mengambil jalan pintas untuk mengakali pengeluaran biaya pembelian pita cukai. Beberapa oknum pengusaha akhirnya memilih untuk memproduksi hasil tembakau tanpa dilekati pita cukai atau menggunakan pita cukai palsu/bekas. Dalam hal ini bertentangan dengan undang-undang yang berlaku sehingga perbuatan tersebut termasuk perbuatan yang ilegal dan melawan hukum. Selain melanggar hukum, kualitas hasil produksinya juga tidak terjamin.

Bea Cukai Banyuwangi dalam peran pengawasan, rutin melakukan kegiatan operasi pasar yang menyasar produk hasil tembakau ilegal. Beberapa hasil tembakau berupa rokok yang dinyatakan ilegal adalah sebagai berikut: 1. Polos atau tanpa dilekati pita cukai; 2. Dilekati pita cukai palsu; 3. Dilekati pita cukai bekas; 4. Dilekati pita cukai yang bukan peruntukannya dan; 5. Dilekati pita cukai tidak sesuai dengan nama pabriknya.

Operasi pasar yang dilakukan mulai tanggal 22 Maret sampai dengan 26 Maret 2021, menyasar beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuwangi yaitu Kecamatan Kabat, Kecamatan Blimbingsari dan Kecamatan Rogojampi. Para petugas Bea Cukai melakukan pemeriksaan menyeluruh pada pedagang pasar dan menyisir setiap toko. Dalam operasi tersebut petugas berhasil mengamankan barang hasil penindakan berupa rokok tanpa dilekati pita cukai sebanyak 6.500 batang, dengan potensi kerugian negara sebesar Rp. 3.412.500,-.


Penting untuk mengingatkan masyarakat terkait dampak dari produksi, penjualan, dan konsumsi hasil tembakau ilegal. Rokok ilegal yang dijual murah juga meningkatkan potensi anak dibawah umur untuk mengkonsumsinya. Dampak kesehatan yang ditimbulkan juga sangat berbahaya. Peran masyarakat untuk mengawasi dan menekan peredaran hasil tembakau ilegal sangat penting. Untuk masyarakat yang menemukan hasil tembakau ilegal jangan ragu untuk laporkan kepada Bea Cukai Banyuwangi melalui layanan pengaduan yang telah disediakan. #GempurRokokIlegal #IsunBanyuwangi #BCBanyuwangi #BeaCukaiMakinBaik

0 Orang Dijangkau 0 Interaksi Promosikan Postingan

Suka Komentari Bagikan

0 tampilan0 komentar

Bea cukai banyuwangi

Jl. Raya Situbondo No.37, Ketapang,

Kab. Banyuwangi


Telp: (0333) 510177, Fax: (0333) 510858
Email: bcbanyuwangi@customs.go.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon

© 2021 by Lare Osing

Integrity Survey online (isun)

Nilai Kami!Tidak PuasKurang PuasCukup PuasPuasSangat PuasNilai Kami!