• Minisun BC Banyuwangi

Percepat Reformasi Birokrasi, Bea Cukai Banyuwangi Kembali Merombak Jabatan Struktural Menjadi Fungs


Profesi PNS dari dulu hingga sekarang masih mendapat stigma “kerja nganggur, gaji lancar”. Oleh karena itu, berbagai kebijakan reformasi birokrasi telah ditempuh. Salah satunya adalah dengan cara merombak jabatan struktural menjadi jabatan fungsional.


Bagaimana peran perombakan jabatan struktural menjadi fungsional dapat memaksimalkan kinerja institusi?


Jabatan fungsional khusus menggunakan sistem angka kredit sebagai syarat kenaikan pangkatnya. Angka kredit adalah satuan nilai yang didapat oleh pejabat fungsional setiap kali menyelesaikan pekerjaannya. Dengan sistem demikian, seorang pejabat fungsional akan termotivasi untuk berprestasi guna mempercepat kenaikan kariernya. Ketika pejabat termotivasi berkerja, maka kinerja institusi juga akan meningkat.


Berbeda halnya dengan kenaikan pangkat pejabat struktural, salah satu syaratnya adalah lama waktu menjabat. Dengan demikian, seorang pejabat struktural tidak dapat naik pangkat apabila belum memenuhi syarat waktu menjabat yang telah ditentukan, yakni 4 (empat) tahun sekali. Kekurangan inilah yang membuat sebagian pejabat kurang termotivasi dalam bekerja.


Meskipun demikian, belum setiap institusi mampu mempraktikan jabatan fungsional sepenuhnya. Hal ini dikarenakan sebelum adanya perombakan, terlebih dahulu perlu diperhitungkan total angka sistem kredit pada kantor tersebut secara matang. Hal ini untuk mencegah adanya risiko seorang pejabat fungsional tidak dapat memenuhi angka kredit bukan karena pejabat tersebut malas, melainkan karena tidak tersedianya jenis pekerjaan yang dapat ia kerjakan sesuai dengan keterampilannya. Perlu diingat bahwa setiap kantor memiliki intensitas dan beban kerja yang berbeda antara satu kantor dengan kantor lainnya.


Berdasarkan perhitungan angka kredit yang telah dilakukan, Bea Cukai Banyuwangi dapat kembali menambah 1 (satu) pejabat fungsional dengan cara merombak pelaksana bendahara pengeluaran menjadi pejabat fungsional pranata. Oleh karena itu, pada hari Jumat (19/07) dan bertempat di Aula Kawah Ijen Kantor Bea Cukai Banyuwangi, telah dilaksanakan Pelantikan Pejabat Fungsional Pranata Keuangan APBN atas nama Ahmad Baharudin Nugroho.


Dengan demikian, Bea Cukai Banyuwangi telah memiliki 7 (tujuh) pejabat fungsional dari total 44 pegawai yang dimiliki. Perombakan pertama terjadi pada 7 Oktober 2020 saat Bea Cukai Banyuwangi merombak 6 (enam) pejabat struktural Eselon V.


#bcbanyuwangi #beacukaimakinbaik #isunbanyuwangi #reformasibirokrasi #goodgovernance

0 tampilan0 komentar

Bea cukai banyuwangi

Jl. Raya Situbondo No.37, Ketapang,

Kab. Banyuwangi


Telp: (0333) 510177, Fax: (0333) 510858
Email: bcbanyuwangi@customs.go.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon

© 2021 by Lare Osing

Integrity Survey online (isun)

Nilai Kami!Tidak PuasKurang PuasCukup PuasPuasSangat PuasNilai Kami!