• Minisun BC Banyuwangi

PUBLIC SPEAKING ITU BAKAT ATAU LATIHAN?


BANYUWANGI – Ada ungkapan ketakutan berbicara didepan umum lebih tinggi dibandingkan ketakutan akan kematian. Lebih dari tiga ratus peserta mengikuti sosialisasi Becoming An Excellent Public Speaker.

Dir. Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat berkata, “Dalam situasi apapun suatu saat pasti harus menjadi public speaker. Kita harus mampu menjadi public speaker yang baik sehingga tampil baik di muka umum, terlebih lagi bagaimana agar kita bicara, bisa menggerakkan orang.” Glassophobia, takut berbicara di depan umum dapat menyerang siapa saja. Bahaya loh, ketika kita diminta berbicara di depan umum, tapi tiba – tiba nge-blank biasanya mules, wajahnya memerah, berkeringat, tangannya berkeringat, gemetaran. Apa yang harus dilakukan saat mengalaminya.

Manfaat public speaking, meningkatkan kepercayaan diri, lebih nyaman dalam pergaulan, meningkatkan reputasi, pesan yang kita sampaikan lebih efektif, meningkatkan kinerja.


Kepala SubDir. Humas Perpajakan, Ani Natalia memberikan tips bagaimana menjadi public speaker yang baik. “Ketika akan public speaking, kita harus memperkirakan dulu pitch suara kita, tinggi atau rendah suara kita, disesuaikan dengan kondisi. Lalu intonasi, tinggi/ rendahnya nada. Gunakanlah kata – kata yang paling sederhana, atau gunakan gambar – gambar agar audience lebih tergambarkan, atur kecepatan berbicara dan artikulasinya,” kata Ani.

Penting memerhatikan gerak tubuh yang sesuai, melakukan kontak mata terhadap peserta, menguasai ruang tempat ia berbicara, berpenampilan menarik, dan pintar menggunakan ungkapan emosi. “Enak dilihat, enak didengar, dan nyaman dihati,” lanjut Ani.

Delapan tips public speaker yang baik, pertama persiapan yang baik terkait ide, desain cerita, produk grafis, latihan dan gladi bersih, aksi. Awalan yang baik, gunakan sepuluh persen waktu anda untuk menarik perhatian pemirsa. Ketiga, menentukan tujuan mengapa anda berada disana. Keempat, gunakan struktur yang simpel. Kelima, perhatikan timing, durasi anda berbicara, jangan terlena. Keenam, persiapkan suara Anda sebelum naik panggung, pastikan suara Anda didengar. Ketujuh, gunakan humor sepantasnya.

0 tampilan

Bea cukai banyuwangi

Jl. Raya Situbondo No.37, Ketapang,

Kab. Banyuwangi


Telp: (0333) 510177, Fax: (0333) 510858
Email: bcbanyuwangi@customs.go.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon

© 2020 by Lare Osing

Integrity Survey online (isun)