• Minisun BC Banyuwangi

SECURITY AWARENESS "MESSAGES FROM THE DARK SIDE"


BANYUWANGI – (23/06) Seiring dengan perkembangan dunia digital serta tingginya tingkat ketergantungan proses bisnis Kementerian Keuangan serta instansi pemerintah lainnya terhadap Teknologi Informasi (TI), jika kita tidak peduli akan “security awareness” tentu hal ini akan membuka ladang bagi para pelaku kejahatan di dunia maya (ciber crime). " Tidak ada aplikasi yg sepenuhnya aman, namun kita bisa meminimalkan risiko-risiko atas kelemahan tersebut” – Ungkap, I Made Wiryana, Penyusun Standard Kompetensi Kamsiber.


Melalui Webinar Security Awareness, yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dengan pemateri Bobby Achirul, Staff Khusus Menkeu Bidang Sistem Informasi dan Teknologi serta bersama I Made Wiryana, Dosen Tetap Universitas Gunadarma sekaligus Penyusun Standard Kompetensi Kamsiber menjelaskan bagaimana menjaga keamanan informasi kemenkeu.

Serangan siber telah banyak melanda negar-negara di dunia, serangan yang paling banyak terjadi yaitu serangan ransomware. Ransomware merupakan salah satu malicious software (malware) yang menyerang komputer korban dengan cara melakukan penguncian pada seluruh data yang ada di komputer korban. Tercatat pada tahun 2020, terdapat serangan siber berskala besar yang menyerang Bukalapak, Tokopedia, data DPT KPU, serta data COVID-19 yang bocor. .

Cara mencegah dan menghadapi serangan siber, cukup dengan 3 kombinasi yang bagus antara teknologi, proses dan manusia. Untuk menghindari peretasan, dari sisi teknologi harus menggunakan teknologi keamanan yang berlayer untuk tiap sistemnya. Sedangkan dari sisi proses, harus dilakukan proses-proses pengamanan perangkat lunak seperti VT (vulnerability testing) dan VA(vulnerability assesment) dan tindak lanjut secara berkala. Yang terakhir yaitu manusia, manusia menjadi faktor yang sangat penting. ASN Kemenkeu harus dikembangkan kompetensinya dan ditingkatkan kepeduliannya terhadap keamanan informasi. Teknologi yang canggih, proses yang terstruktur dan matang tidak ada gunanya jika manusianya tidak kompeten/peduli.

0 tampilan

Bea cukai banyuwangi

Jl. Raya Situbondo No.37, Ketapang,

Kab. Banyuwangi


Telp: (0333) 510177, Fax: (0333) 510858
Email: bcbanyuwangi@customs.go.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon

© 2020 by Lare Osing

Integrity Survey online (isun)