• Minisun BC Banyuwangi

Sosialisasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau untuk Penegakan Hukum




Hai, SobatIsun!

Tahu tidak, bahwa pemerintah telah menyiapkan sebuah anggaran tertentu kepada daerah penghasil cukai dan/atau tembakau untuk mensejahterakan masyarakat.

Dana apakah itu?


Yap, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).


Sesuai dengan PMK-206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), sebesar 50% dari alokasi DBHCHT, digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, 25% untuk bidang kesehatan, dan 25% untuk penegakan hukum.


Dalam hal kegiatan di bidang penegakan hukum, Pemerintah Daerah dipandang perlu untuk membuat rencana kerja dan pelaksanaan kegiatan di bidang penegakan hukum serta bekerjasama dengan Kantor Bea Cukai Daerah setempat, sesuai dengan Pasal 9 ayat 2.


Maka dari itu, diperlukan koordinasi dalam hal perencanaan rencana kegiatan selama satu tahun antara Pemerintah Daerah dengan Bea Cukai.


Untuk merealisasikan hal tersebut, Bea Cukai Banyuwangi melaksanakan sosialisasi tentang Pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) secara daring (12/04). Dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan serta Bagian Perekonomian Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi.


Sore harinya, Perwakilan dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan tiba di Kantor Bea Cukai Banyuwangi untuk melaksanakan konsultasi pembahasan rencana kerja dan pelaksanaan kegiatan pemanfaatan DBHCHT.


Rencana kegiatan yang hendak dilakukan adalah kegiatan tatap muka berupa sosialisasi ke daerah-daerah sekitar Banyuwangi terutama pada tokoh masyarakat untuk dijadikan agen penyebar informasi “Gempur Rokok Ilegal”, serta sosialisasi melalui radio untuk memperluas jangkauan masyarakat.


“Komunikasi intens seperti ini harus terus dilakukan sehingga dalam hal penyusunan rencana kerja dapat terkoordinir dengan baik, serta saran saya adalah pembuatan satuan tugas atau tim sehingga kegiatan dapat berjalan lebih efektif dan efisien,” ungkap Dominica Roesdiati.


#dbhcht #rokok #pemkab #banyuwangi #bcbanyuwangi #BeaCukaiMakinBaik

0 tampilan0 komentar