• Minisun BC Banyuwangi

Vape Edition : Yang Legal, Yang Mantap!



18 Juli 2018 merupakan hari bersejarah bagi para pecinta vape di Indonesia. Hal ini dikarenakan pada tanggal tersebut, Direktur Jenderal Bea Cukai resmi berikan izin pada pengusaha produk vape atau disebut legalisasi vape dan penetapan “Hari Vape Nasional” oleh Asosiasi Personal Vaporiser Indonesia (APVI).


Tahu gak SobatIsun, bahwa vape termasuk kedalam barang kena cukai hasil tembakau yang termasuk kategori Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya atau HPTL. Berikut penjelasannya!


HPTL adalah hasil tembakau yang dibuat dari daun tembakau selain yang disebut sigaret, cerutu, rokok daun, dan tembakau iris yang dibuat secara lain sesuai dengan perkembangan teknologi dan selera konsumen, tanpa mengindahkan bahan pengganti atau pembantu yang digunakan dalam pembuatannya yang meliputi ekstrak dan esens tembakau, tembakau molasses, tembakau hirup (Snuff Tobacco), atau tembakau kunyah (chewing tobacco), sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai PER-25/BC/2018 tentang Tata Cara Penetapan Tarif Cukai Hasil Tembakau.


Untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa vape dikenai cukai dan atas pengenaan tersebut wajib memenuhi persyaratan dan prosedur untuk menjual agar bisa dikatakan legal, Bea Cukai mengadakan webinar bersama dengan salah satu pengusaha produk vape dan juga influencer terkenal, Karin Novilda atau biasa dikenal Awkarin melalui zoom dan kanal youtube Bea Cukai. Bersama dengan dua narasumber lainnya yang membahas terkait “Edukasi Cukai pada Liquid Vape” dan “Peran Bea Cukai dalam Memberantas Liquid Vape Ilegal”, Awkarin fokus membahas topik “How to Build Your Own Legal Liquid Vape Brand”.


“Alhamdulillahnya, selama ini, untuk pita cukai sendiri tidak mengalami kendala serta segala prosesnya tidak ribet dan tidak memakan waktu yang lama. Sebelum memproduksi, sebagai generasi milenial yang pintar, telusuri terlebih dahulu bisnis yang akan digeluti mulai dari peraturan, prosedur, hingga alur bisnis agar produk yang kita keluarkan itu aman dari segi peraturan hingga kesehatan bagi yang mengonsumsi serta kita secara tidak langsung dapat ikut serta membangun negara,” ungkap Karin Novilda.


#candu2.0

#awkarinliquid

#bcbanyuwangi

#BeaCukaiMakinBaik

0 tampilan0 komentar

Bea cukai banyuwangi

Jl. Raya Situbondo No.37, Ketapang,

Kab. Banyuwangi


Telp: (0333) 510177, Fax: (0333) 510858
Email: bcbanyuwangi@customs.go.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon

© 2021 by Lare Osing

Integrity Survey online (isun)

Nilai Kami!Tidak PuasKurang PuasCukup PuasPuasSangat PuasNilai Kami!