Implementasi Pengarusutamaan Gender

Minisun BC Banyuwangi

5/17/2022 1 min read

Selain pengertian gender disampaikan juga terkait dengan deskriminasi dan kesenjangan gender yang terjadi di masyarakat. Pengarusutamaan Gender menjadi solusi terhadap deskriminasi dan kesenjangan gender tersebut. Pengarustamaan Gender merupakan strategi untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender melalui kebijakan, program, dan kegiatan yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan serta permasalahan laki-laki dan perempuan dalam proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi dari seluruh aspek kehidupan dan pembangunan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan rencana kerja yang akan dilakukan dalam impementasi PUG. Setiap anggota tim memberikan saran dan masukan yang akan dibahas dan dipertimbangkan dalam program pengarusutamaan gender. Dengan dilaksanakannnya kegiatan internalisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman anggota tim dan pegawai dalam mewujudkan kesetaraan gender.

#kesetaraan #pug #gender #isunbanyuwangi #bcbanyuwangi #beacukaimakinbaik

Pada Selasa (17/05), bertempat di Aula Kawah Ijen Bea Cukai Banyuwangi, diselenggarakan internalisasi terkait dengan Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di lingkungan Bea Cukai Banyuwangi. Acara ini diikuti oleh seluruh anggota tim yang telah dibentuk untuk mengimplementasikan PUG pada Bea Cukai Banyuwangi.

Maharani Andika Wulandari selaku narasumber pada kegiatan internalisasi kali ini menyampaikan beberapa paparan terkait dengan bagaimana implementasi PUG yang telah dan akan dilaksanakan di Bea Cukai Banyuwangi. Ditekankan juga tentang perbedaan gender dan jenis kelamin, yang selama ini maknanya masih sering tertukar di masyarakat.